Tugas-Tugas Gereja Kelas XI – Bab IV


Tugas-Tugas Gereja Kelas XI – Bab IV. Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik SMA/K kelas XI Bab IV dengan pokok bahasan tugas-tugas Gereja. Pelajaran sebelumnya kita telah memahami peran hierarki dan awam dalam Gereja Katolik. Sebagai awam kita memiliki peran untuk bekerjasama dengan para Hierarki mewujudkan perdamaian dunia dalam cinta kasih Allah dalam satu tubuh Yesus Kristus.

Maka selanjutnya, kita akan mempelajari tugas-tugas Gereja, yang mana pada pelajaran ini kita diajak untuk memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. Pada pembelajaran ini pula kita diajak untuk mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Katekesmus Gereja Katolik merumuskan Gereja sebagai “himpunan orang-orang yang digerakkan untuk berkumpul oleh Firman Allah, yakni, berhimpun bersama untuk membentuk Umat Allah dan yang diberi santapan dengan Tubuh kristus, menjadi Tubuh Kristus” (No 777). Existensi himpunan Umat Allah ini diwujudkan (secara lokal) dalam hidup berparoki.

Di dalam paroki inilah himpunan Umat Allah mengambil bagian dan terlibat dalam menghidupkan peribadatan yang menguduskan (Liturgia), mengembangkan pewartaan Kabar Gembira (Kerygma), menghadirkan dan membangun persekutuan (Koinonia), memajukan karya cinta kasih/pelayanan (Diakonia) dan memberi kesaksian sebagai murid-murid  Tuhan Yesus Kristus (Martyria).

Pokok bahasan ini berturut-turut akan membahas tentang tugas-tugas Gereja yaitu;

A. Gereja yang Menguduskan (Liturgia),

B. Gereja yang Mewartakan Kabar Gembira (Kerygma),

C. Gereja yang Melayani (Diakonia)

D. Gereja yang Bersaksi (Martyria) serta

E. Gereja yang membangun persekutuan (Koinonia).

Ikutilah link diatas ini satu per satu, baca dan pelajari setiap tema yang telah tersedia selanjutnya isi dan jawab tugas yang telah disediakan..!!


Tulisan ini dipublikasikan di PAKat SMA/K dan tag , . Tandai permalink.

1 Response to Tugas-Tugas Gereja Kelas XI – Bab IV

  1. Ping-balik: Gereja yang Menguduskan (Liturgia) - KATEKESEKATEKESE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *