Yohanes 14:1-12 Renungan


Injil Yohanes 14:1-12

Yoh 14:1“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
Yoh 14:2Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
Yoh 14:3Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
Yoh 14:4Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”
Yoh 14:5Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”
Yoh 14:6Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.
Yoh 14:7Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”
Yoh 14:8Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”
Yoh 14:9Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
Yoh 14:10Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
Yoh 14:11Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
Yoh 14:12Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Bahan Renungan

Yesus memahami kekhawatiran dan kegelisahan para murid-muridNya. Mereka khawatir akan Yesus yang pada waktu sebelumnya menyatakan bahwa Dirinya akan ditangkap. Yesus mengucapkan kalimat peneguhan yang menjadi solusi bagi kegelisahan murid-murid Yesus, yaitu dengan cara mempercayai Allah dan mempercayai diri-Nya.

“Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Orang tidak akan sampai kepada Bapa kalau tidak melalui Aku” (Yoh 14:6) sumber: gambar mysticpost.com

Kalimat peneguhan yang Yesus ucapkan tidak hanya memberikan solusi terhadap kegelisahan murid-murid Yesus, tetapi juga hendak menyatakan kesetaraan Yesus dengan Allah.

Yesus memberikan harapan kepada para murid-Nya agar mereka makin diteguhkan dalam kepercayaan kepada-Nya. Bahwa Dia pergi menyediakan tempat bagi mereka, dan Dia akan kembali menjemput mereka. Janji ini bahwa mereka akan memperoleh suatu tempat tinggal bersama-sama dengan Allah.

Tuhan Yesus Kristus berkata kepada Tomas, “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Itulah ucapan yang besar bagi kalangan Kristiani, tetapi lebih besar lagi bagi orang Yahudi yang mendengarnya untuk pertama kalinya. Tidak ada seorang pun yang akan tetap hidup jikalau tidak percaya kepada Kristus atau dengan kata lain, semua orang yang tidak percaya dan taat kepadaNya pasti mati. Yesus adalah sumber hidup, Ia yang memegang kehidupan manusia. Oleh karena dosa semua orang akan mengalami kematian, tetapi barangsiapa tinggal di dalam Kristus, mereka akan dihidupkan kembali meskipun sudah mati.

Yesus adalah kebenaran yang sejati itu yang menjadi manusia. Kebenaran yang dibutuhkan oleh manusia, kebenaran yang menyatakan keselamatan, kebenaran akan pengetahuan yang benar tentang Allah.

Melalui kehinaan dan salib yang diterima Kristus dan kemuliaanNya, Kristus mempersiapkan tempat bagi orang tebusan. Tanpa kematian Kristus tidak akan pernah ada tempat bagi manusia berdosa dan tanpa kenaikan ke Surga tidak akan ada Roh Kudus yang datang untuk mempersiapkan orang percaya masuk ke dalam rumah Bapa.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *