Matius 7:6, 12-14 Renungan


Injil Matius 7:6, 12-14

Mat 7:6 “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.”
Mat 7:12 “Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.
Mat 7:13 Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya;
Mat 7:14 karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya.”

Bahan Renungan
Tentukan Pilihan Yang Baik

“Akulah jalan, kebenaran, dan hidup. Orang tidak akan sampai kepada Bapa kalau tidak melalui Aku” (Yoh 14:6) sumber: gambar mysticpost.com

Bagi orang Yahudi, anjing dan babi termasuk dalam kategori binatang najis. Pada masa itu anjing hidup secara liar, tidak ada yang menjadikan anjing sebagai binatang peliharaan. Sementara, kalau ada babi yang diternak itu pun karena ada alasan perdagangan dengan bangsa lain. Namun dengan lantang Yesus menyatakan bahwa barang kudus bukan untuk anjing dan mutiara bukan untuk babi (lih. Mat 7:6).

Ada pemahaman yang berkembang, barang yang kudus dan permata menggambarkan kebenaran Injil Kristus, sementara anjing dan babi adalah orang-orang yang terus-menerus menantang, menjelek-jelekkan, dan menginjak-injak Injil. Bagi orang Yahudi, anjing dan babi termasuk dalam kategori binatang najis. Pada masa itu anjing hidup secara liar, tidak ada yang menjadikan anjing sebagai binatang peliharaan. Sementara, kalau ada babi yang diternakkan dianggap setengah liar itupun karena ada alasan perdagangan dengan bangsa lain.

Barang yang kudus dan permata menggambarkan kebenaran Injil Kristus, sementara anjing dan babi adalah orang-orang yang terus-menerus menantang, menjelek-jelekkan, dan menginjak-injak Injil.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *