Markus 16:9-15 Renungan


Injil Markus 16:9-15

Mrk 16:9Setelah Yesus bangkit pagi-pagi pada hari pertama minggu itu, Ia mula-mula menampakkan diri-Nya kepada Maria Magdalena. Dari padanya Yesus pernah mengusir tujuh setan.
Mrk 16:10Lalu perempuan itu pergi memberitahukannya kepada mereka yang selalu mengiringi Yesus, dan yang pada waktu itu sedang berkabung dan menangis.
Mrk 16:11Tetapi ketika mereka mendengar, bahwa Yesus hidup dan telah dilihat olehnya, mereka tidak percaya.
Mrk 16:12Sesudah itu Ia menampakkan diri dalam rupa yang lain kepada dua orang dari mereka, ketika keduanya dalam perjalanan ke luar kota.
Mrk 16:13Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada merekapun teman-teman itu tidak percaya.
Mrk 16:14Akhirnya Ia menampakkan diri kepada kesebelas orang itu ketika mereka sedang makan, dan Ia mencela ketidakpercayaan dan kedegilan hati mereka, oleh karena mereka tidak percaya kepada orang-orang yang telah melihat Dia sesudah kebangkitan-Nya.
Mrk 16:15Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.

Bahan Renungan

Percaya membutuhkan proses untuk mengakui atau yakin bahwa sesuatu memang benar atau nyata. Demikianlah yang terjadi pada para murid pada waktu itu. mereka sampai pada kepercayaan akan Yesus yang sudah bangkit karena mereka mengalami proses yang tidak mudah. Mulai dari rasa tidak percaya kemudia mereka mulai mencari berbagai informasi dan bukti hingga akhirnya menemukan.

Lalu Ia berkata kepada mereka: “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
gambar: pagadiandiocese.org

Lagi-lagi Yesus, Putra Allah yang hidup, Sang Guru setia menuntun para murid, mendampingi, membuka pikiran mereka, mengubah cara pandang mereka. Penyertaan itulah yang dibutuhkan pada murid untuk sampai pada keyakinan bahwa Yesus yang disalibkan saat ini sudah bangkit.

Dia adalah Tuhan dan penyelamat manusia. Yesus sendiri ikut terlibat untuk membina kembali iman mereka. Bahkan mencela sikap kurang percaya dari murid-murid. Berulang-ulang Yesus menampakkan diri-Nya agar mereka makin percaya.

Pada bagian akhir perikup ini, terselip sebuah pesan yang luar biasa. Yesus memberikan perintah dan tugas yang jelas : pergi, beritakan, segala makhluk. Ini bukan sebuah himbauan, harapan, usulan ataupun tawaran. Ini sebuah perintah yang sangat jelas dan tugasnya jelas. Tugas ini memang berat namun Tuhan pun menyertainya dengan berkat. Banyak orang lupa akan tugas utamanya sebagai murid Yesus. Pewartaan Injil kepada segala mahkluk mengindikasikan bahwa pewartaan kebaikan dan keselamatan Allah bukan milik pribadi, kaum, golongan dan bangsa tertentu. Ini artinya rahmat keselamatan harus dirasakan bukan hanya bagi manusia tetapi seluruh alam ciptaan.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *