Matius 7:15-20 Renungan


Injil Matius 7:15-20

Mat 7:15 “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
Mat 7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
Mat 7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
Mat 7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
Mat 7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
Mat 7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Bahan Renungan

“Waspada Akan Banyak Nabi-nabi Palsu”

Perikop ini adalah bagian dari khotbah Yesus di atas bukit, yang diawali dengan ucapan bahagia yang sering disebut sabda bahagia (Mat 5 :1-12). Rangkaian khotbah Yesus di atas bukit ini adalah suatu pengajaran yang cukup lengkap bagi orang-orang percaya pada-Nya. Maka Yesus pun mengingatkan tentang kewaspadaan akan adanya nabi-nabi palsu yang penuh dengan kemunafikan. Pada masa itu, nabi-nabi palsu yang dimaksud oleh Yesus adalah orang-orang Farisi dan para pemuka agama yang terdengar begitu kudus dalam kata-kata mereka, tetapi sebenarnya hati mereka jauh dari Tuhan. Yesus mengumpamakan seperti serigala yang buas yang menyamar seperti seekor domba agar mendapatkan kesempatan untuk menghancurkan seluruh kawanan domba Allah. Di dalam Perjanjian Lama disebutkan tentang be­be­rapa nabi yang pura-pura bernubuat padahal mereka tidak punya wewenang untuk itu, dan ini tampak dari tidak terbuktinya nubuat mereka itu, seperti misalnya Zedekia bin Kenaana (1 Raj. 22:11) dan seorang lagi bernama Zedekia bin Maaseya (Yer. 29:21).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *