Markus 6:34-44 Renungan


Injil Markus 6:34-44

Mrk 6:34Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.
Mrk 6:35Pada waktu hari sudah mulai malam, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam.
Mrk 6:36Suruhlah mereka pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa dan di kampung-kampung di sekitar ini.”
Mrk 6:37Tetapi jawab-Nya: “Kamu harus memberi mereka makan!” Kata mereka kepada-Nya: “Jadi haruskah kami membeli roti seharga dua ratus dinar untuk memberi mereka makan?”
Mrk 6:38Tetapi Ia berkata kepada mereka: “Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!” Sesudah memeriksanya mereka berkata: “Lima roti dan dua ikan.”
Mrk 6:39Lalu Ia menyuruh orang-orang itu, supaya semua duduk berkelompok-kelompok di atas rumput hijau.
Mrk 6:40Maka duduklah mereka berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang.
Mrk 6:41Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka.
Mrk 6:42Dan mereka semuanya makan sampai kenyang.
Mrk 6:43Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti dua belas bakul penuh, selain dari pada sisa-sisa ikan.
Mrk 6:44Yang ikut makan roti itu ada lima ribu orang laki-laki.

Bahan Renungan

Yesus mengajari kita untuk saling mengasihi dan perduli terhadap orang lain. Seperti yang dilakukanNya pada bacaan hari ini. “Kamu harus memberi mereka makan!” kepedulian dan kasih Yesus yang sangat luar biasa, menampar kita yang terkadang kikir, rakus dan tidak sempat memikirkan kesulitan orang lain disekitar kita.

Yesus Memberi Makan 5000 orang (Foto: Reddit.com)
Yesus Memberi Makan 5000 orang (Foto: Reddit)

Dengan lima roti dan dua ikan, Yesus membuat mukjizat hingga makanan seminim itu bisa cukup untuk lima ribu orang. Yesus tidak membiarkan mereka pergi dengan perut kelaparan, melainkan memberi mereka makan hingga kenyang. Memberi makan kepada orang yang lapar merupakan wujud dari tindakan kasih yang paling mendasar. Itulah yang dilakukan oleh Yesus terhadap para pengikutnya.

Penggandaan 5 roti dan 2 ikan melambangkan Tubuh dan Darah Kristus sendiri, yang setiap perayaan Ekaristi kita terima dalam komuni kudus. menerima komuni kudus tersebut berarti kita disatukan dengan Yesus Kristus dan dengan demikian kita juga dipanggil untuk meneladan cara hidup dan cara bertindakNya, antara lain membagikan sebagian harta benda atau kekayaan kita kepada saudara-saudari kita, terutama bagi mereka yang miskin dan berkekurangan alias sungguh membutuhkan.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *