Macam-Macam Devosi Ekaristi


Bagian ini akan mengajak kita melihat dan merenungkan macam-macam Devosi Ekaristi.

Matius 5:43 – 48

Mat 5:43Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
Mat 5:44Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
Mat 5:45Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
Mat 5:46Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
Mat 5:47Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?
Mat 5:48Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna.”

Devosi Ekaristi adalah bentuk olah kesalehan kepada Tuhan Yesus Kristus yang hadir dalam Ekaristi Mahakudus. Devosi Ekaristi tidak dapat dipisahkan dari perayaan Ekaristi, dan dipandang sebagai kesalehan yang mau memperdalam dan memperpanjng apa yang dirayakan dalam misa kudus. Ada dua bentuk Devosi Ekaristi:

  1. Devosi yang dilaksanakan bersama yang meliputi: Adorasi Ekaristi, prosesi atau perayaan sakramen Mahakudus dan konggres Ekaristi. Perayaan seperti ini biasanya diberikan Berkat Sakramen Mahakudus.
  2. Devosi yang dilaksanakan secara pribadi, seperti doa syukur sesudah komuni saat Misa Kudus, dan visitasi (kunjungan) Sakramen Mahakudus.

Devosi Ekaristi merupakan salah satu bentuk Devosi yang dilaksanakan bersama. Asal kata dari bahasa latin adoratio, adorare: berdoa secara sederhana, Adorasi Ekaristi disebut pujian kepada Sakramen Mahakudus, Kebaktian pada Sakramen Mahakudus. Istilah Salve atau Astuti juga merujuk paa Adorasi Ekaristi, dan Adorasi Ekaristi Abadi, yang dilaksanakan selama 24 jam sehari dan selama 27 hari secara terus menerus.

Adorasi yang dilaksanakan dalam waktu 2 jam, atau dalam waktu beberapa jam, atau satu jam. Kongres Ekaristi merupakan salah satu bentuk Devosi Ekaristi yang dilakukan dalam kebersamaan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *