Yohanes 17:20-26 Renungan


Injil Yohanes 17:20-26

Yoh 17:20Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;
Yoh 17:21supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.
Yoh 17:22Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu:
Yoh 17:23Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu, bahwa Engkau yang telah mengutus Aku dan bahwa Engkau mengasihi mereka, sama seperti Engkau mengasihi Aku.
Yoh 17:24Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.
Yoh 17:25Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;
Yoh 17:26dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.”

Bahan Renungan

Yesus mendambakan kita bersatu dalam kasihNya, sama seperti Dia dan BapaNya. Cita-cita Yesus itu, diutarakan kepada Bapa-Nya dan Bapa semua orang yang percaya kepadanya bersatu dalam sebuah doa yang jelas dan agung; “Aku berdoa, untuk mereka yang percaya kepadaKu oleh oleh pemberitaan mereka, supaya menjadi satu seperti Engkau ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau… dan dunia tahu bahwa engkau mengasihi mereka seperti Engkau mengasihi Aku”.

dan Aku telah memberitahukan nama-Mu kepada mereka dan Aku akan memberitahukannya, supaya kasih yang Engkau berikan kepada-Ku ada di dalam mereka dan Aku di dalam mereka.” sumber: gambar mysticpost.com

Yesus mengharapkan persatuan bagi orang-orang yang percaya kepadaNya karena Yesus tahu bahwa mereka masih ada dalam di dunia. Ungkapan Dunia bagi Yohanes, mempunyai arti yang jahat, yang rusak, yang berdosa yang melawan Allah. Maka doa Yesus ini tentunya supaya orang-orang yang telah percaya kepadaNya, termasuk kita ini tidak jatuh dalam bujuk rayu dunia itu.

Yesus berdoa untuk orang-orang percaya (lih Yoh. 17:23), supaya semua mereka menjadi satu, agar dunia tahu bahwa Yesus adalah Tuhan, dan supaya orang-orang percaya itu saling mengasihi. Persatuan inilah yang dicita-citakan oleh Allah ketika menciptakan manusia, seperti dikatakanNya, “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita” (Kej 1:26). Sehingga ketika manusia jatuh dalam dosa, Allah dengan segala cara berusaha untuk mengembalikan harkat kehidupan kudus dengan Imamat Rajawi Kristus yang mengurbankan DiriNya sendiri, mengalirkan DarahNya dan menderita di kayu salib.

Kasih sejati bersumber dari Allah Bapa, maka semua milikNya harus memahami dalamnya makna kasih Allah. Karena kasihNya, Ia telah mengorbankan AnakNya untuk menjadi tebusan bagi semua manusia berdosa. Maka menjadi satu hanya dapat terjadi jika orang percaya memiliki dan mempraktikkan kasih Allah di antara satu dengan yang lain.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *