Yohanes 16:12-15 Renungan


Injil Yohanes 16:12-15

Yoh 16:12Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
Yoh 16:13Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
Yoh 16:14Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
Yoh 16:15Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Bahan Renungan

Yesus menjanjikan Roh Kebenaran yang akan memimpin para muridNya ke dalam seluruh kebenaran. Roh Kebenaran tersebut sesungguhnya adalah Roh Kudus yang sudah dipersiapkan oleh Yesus sendiri untuk menemani para murid-Nya di dalam meneruskan karya Yesus sesudah Dia naik ke Surga.

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;
sumber: gambar mysticpost.com

Roh Kudus, yang adalah Roh Yesus sendiri, akan memampukan para murid-Nya meneruskan pewartaan Yesus di dunia. Roh inilah yang membantu para rasul untuk mengajar (Yoh 14: 26), bersaksi (Yoh 15: 26), dan memuliakan Yesus (Yoh 16: 14). Para rasul dengan ditemani oleh Roh Kudus sudah menjalankan tugas pewartaan mereka dengan sepenuh hati, bahkan sampai menjadi martir demi kebenaran akan Yesus Kristus yang mereka imani.

Roh Kudus adalah Pribadi ilahi berasal dari Bapa dalam nama Yesus. Oleh karena itu Ia datang sebagai Roh Kebenaran. Ia berkata-kata berdasarkan apa yang Ia dengar dari Bapa dan Putra. Ia akan mengatakan hal-hal yang akan datang. Ia memuliakan Yesus sang Putra karena segala yang dikatakan diterima dari Yesus. Yesus menjelaskan peran Parakletos ini dalam kaitan dengan persekutuanNya sebagai Anak dengan Bapa. Tuhan Yesus menjanjikan Roh Penghibur dan Pembela. Roh Kudus adalah pribadi ketiga dari Tritunggal Mahakudus yang memiliki keilahian sama dengan Allah Bapa dan Putra (KGK 243-248; 263-264)

Membiarkan diri dipimpin Roh Kudus merupakan tindakan tepat karena Dia adalah Roh Kebenaran. Dalam hidup ada banyak kebenaran, tetapi Roh Kudus akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran. Artinya, orang-orang yang menyerahkan dirinya dipimpin Roh Kudus memang tidak mungkin salah.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *