Yohanes 14:7-14 Renungan


Injil Yohanes 14:7-14

Yoh 14:7Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”
Yoh 14:8Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”
Yoh 14:9Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
Yoh 14:10Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
Yoh 14:11Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
Yoh 14:12Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
Yoh 14:13dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
Yoh 14:14Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Bahan Renungan

Sekali lagi, Yesus menyatakan hakekat diriNya. “…Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.” Hal ini dikatakanNya karena Dia tahu para murid benar-benar belum memahami kesatuan antara Yesus dengan Bapa.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.”
sumber: gambar mysticpost.com

Diwakili oleh pertanyaan Filipus “…Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami…” (lih. Yoh 14:8), Yesus kembali menjelaskan persatuannya dengan Allah Bapa itu sendiri. Yesus kembali menjelaskan bahwa Ia dan Bapa adalah satu.

Mengetahui ketidakpahaman para murid tentang persatuan Yesus dengan Bapa tersebut, Yesus pun berpesan dan mengajak mereka untuk percaya kepadaNya. “Barangsiapa percaya kepada-Ku ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari itu.” Kalimat Yesus ini diperuntukkan bagi semua orang yang percaya kepadaNya.

Melalui ketidakpahaman para murid yang diwakili oleh Filipus mengajak kita secara sederhana mengenal Allah Bapa dalam diri dan kuasa Yesus Kristus. Secara sederhana melalui Yesus, kita menjadi lebih mudah, lebih mengalami dan berjumpa dengan Tuhan Allah, sebab Yesus itu di dalam Bapa, dan Bapa di dalam Yesus.

Kristus Yesus memudahkan kita berjumpa dengan Allah. Kita pun berkesempatan bertemu dengan Yesus sekaligus BapaNya melalui perayaan Ekaristi. Dengan Ekaristi, kita bersatu dengan Yesus. Karena itu dalam perayaan Ekaristi, kita menerima komuni.

karena persatuan kita dengan Yesus dan dalam Bapa, Yesus pun memberi perintah agar para murid (red. kita semua) untuk melakukan pekerjaan yang Yesus lakukan.

“Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu.”

(lih. Yoh 14:12)

Yesus sendiri, telah menjanjikan bahwa kita mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar daripada yang telah Yesus lakukan!!! dengan satu syarat yaitu percayalah kepada Yesus!!! Bukan karena kehebatan dan kesaktian kita, tetapi Yesus yang kuasa itu berkenan menggunakan kita sebagai alatNya. Karena bila kita bersama dengan Yesus, maka tidak ada yang tidak mungkin dan juga tidak ada yang mustahil bagi orang percaya.

Sama seperti Yesus satu dengan Bapa, kita pun menjadi satu dengan Yesus, kita pun layak disebut sebagai anak-anak Allah, sehingga apa yang kita minta dalam nama Yesus, Ia akan medengarkannya.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *