Matius 16:13-19 Renungan


Injil Matius 16:13-19

Mat 16:13Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?”
Mat 16:14Jawab mereka: “Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi.”
Mat 16:15Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
Mat 16:16Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
Mat 16:17Kata Yesus kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
Mat 16:18Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Mat 16:19Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

Bahan Renungan

“Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

Ilustrasi: teologiareformed.blogspot.com

Tugas kepemimpinan St. Petrus untuk masa kini diduduki atau dijabat oleh Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik. Pada hari raya pesta takhta St. Petrus. Kiranya Gereja hendak mempertegas pengakuan iman. Takhta Petrus bukan pertama-tama kedudukan terhormat yang mahatinggi, namun takhta Petrus berarti Yesus menyerahkan Gereja pada para rasul dengan dasar pengakuan iman yang sama dengan Petrus.

Murid Yesus yang bernama Petrus dikenal sebagai murid yang terus terang dan apa adanya. Petrus menjadi murid yang mengungkapkan identitas keilahian Yesus. Yesus adalah Mesias, Putera Allah yang hidup. Petrus bukan hanya memahami Yesus sebagai Mesias, tetapi juga sebagai anak Allah yang hidup. Pernyataan iman Petrus menjadi tonggak berdirinya Gereja di dunia. Dengan istilah jemaat-Ku, Yesus menunjukkan hak kepemilikan atas umat-Nya. Di atas pengakuan Petrus, Yesus menjamin bahwa kuasa kegelapan tidak dapat menang dan menaklukkan gereja-Nya.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *