Matius 11:25-27 Renungan


Injil Matius 11:25-27

Mat 11:25Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.
Mat 11:26Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu.
Mat 11:27Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Bahan Renungan

Mulailah hari dengan bersyukur

Yesus bersyukur karena Allah telah menyatakan kepada murid-murid-Nya kebijaksanaan dan pengetahuan Allah. Apa inti dari doa Yesus yang singkat ini, terutama tentang Allah dan tentang manusia? Pertama, Yesus menyatakan bahwa Allah adalah Bapa dan Tuhan atas langit dan bumi. Yesus mengajarkan kepada kita bagaimana hendaknya rasa syukur dan rasa terimakasih menyentuh hati tiap-tiap orang. Doa Yesus juga berisi peringatan bahwa kesombongan dapat menjauhkan manusia dari kasih dan pengetahuan tentang Allah.

Orang yang dapat bersyukur akan selalu dapat menghargai kebaikan orang lain. Orang yang bersyukur itu menyadari bahwa dirinya itu sekedar alat di tangan Tuhan. Tuhan justru akan membuat orang yang nampaknya gagah perkasa dan berkuasa, tetapi menjadi kering, karena segalanya tidak berarti di mata Tuhan.

Dengan bersyukur, tiap-tiap orang akan dapat lebih bijaksana dalam bersikap. Bersyukur terkadang sulit untuk dilakukan karena seringkali seseorang tidak puas dengan apa yang telah dimiliki. Sudah bergelimang harta dan kedudukan tinggi, tidak serta membuat mereka mensyukuri apa yang dimiliki. Begitu juga bila hidup walau tidak berlimpah harta dan kedudukan, mungkin saja memiliki kehidupan yang berkecukupan dan harmonis.

Mulailah hari dengan bersyukur. Apabila diberi cobaan berupa penyakit, seringkali kita mengeluh terhadap penyakit tersebut. Akan tetapi ketika sehat, kita jarang mensyukurinya. Bersyukurlah atas kesehatan yang diberikan, karena organ-organ dalam tubuh bekerja dengan baik tanpa kita perintah. Panca indera membantu kita untuk melihat, merasakan, mendengar dan mencium indahnya ciptaan Tuhan. Hal ini lah yang harus disyukuri.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *