BAB II. Memperjuangkan Nilai-Nilai Kehidupan Manusia Dalam Masyarakat


Materi Pendidikan Agama Katolik Kelas XII Bab 2 dengan tema: Memperjuangkan Nilai-Nilai Kehidupan Manusia Dalam Masyarakat. Pada bagianĀ  ini kita diajak untuk memahami Nilai-nilai kehidupan yang perlu diperjuangkan yaitu keadilan, kejujuran, kebenaran, kedamaian, serta keutuhan ciptaan (lingkungan hidup). Hal-hal tersebut juga merupakan nilai-nilai dasar hidup kristiani. Meski nilai-nilai tersebut merupakan nilai dasar yang melekat dalam diri setiap insan manusia, tetap harus kita perjuangkan, karena bisa terjadi kemerosotan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan kita. Kini, di Indonesia kita menyaksikan praktik-praktik ketidakadilan, ketidakjujuran, ketidakbenaran, kekacauan dan kekerasan serta pengrusakan alam lingkungan secara memprihatinkan.

Karena itu kita perlu bersikap peduli, memahami dan menghayati nilai-nilai keadilan, kejujuran, kebenaran, perdamaian, serta menjaga keutuhan ciptaan Tuhan. Diharapkan agar nilai-nilai dasar ini sungguh menyatu dan bahkan menjadi suatu gerakan dalam hidup kita sesuai ajaran dan teladan Yesus sang tokoh idola iman kita. Untuk memahami dan menghayati tema ini, maka pada bab ini akan dibahas tiga pokok bahasan yaitu:

  1. Nilai-Nilai Kehidupan Penting dalam Masyarakat yang Diperjuangkan; Keadilan, Kejujuran, Kebenaran, Kedamaian, Keutuhan Lingkungan Hidup.
  2. Landasan untuk Memperjuangkan Nilai-Nilai Penting dalam Masyarakat (Landasan negara dan Landasan Gereja)
  3. Yesus Kristus, Pejuang Keadilan, Kejujuran, Kebenaran dan Kedamaian.

Ikuti link diatas secara berurutan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *