Yohanes 20:1.11-18 Renungan


Bahan Renungan

Maria Magdalena: “aku telah melihat Tuhan”

Sumber gambar: komkat-kwi.org

Orang yang pertama kali dijumpai oleh Yesus setelah kebangkitanNya adalah Maria. Maria bukan seorang tokoh yang menonjol, namun Yesus menampakkan diri kepadanya terlebih dahulu sebelum kepada orang lain diantara murid-muridNya. Maria Magdalena adalah pengikut Yesus yang mengasihi Tuhan dengan sepenuh hatinya. Setelah Yesus wafat, Maria adalah pengikutNya yang pertama mencari dan terkejut karena batu telah diambil dari kubur (lih. Yoh. 20:17-18). Maria Magdalena menaruh kasih yang mendalam dan total pada Yesus. Sebelum peristiwa penyaliban, ia mengiringi perjalan Yesus dan para murid.

Sebagaimana dikisahkan dalam Kitab Suci, Maria Magdalena adalah perempuan yang cantik, pelacur kelas atas yang dibenci oleh para tokoh orang-orang Yahudi pada waktu itu. Anugerah pertobatan yang diterimanya merubah hidupnya. Maria merasakan kasih dan pengampunan dari Yesus dan merubah tatanan hidup sosialnya. Karena kasih pengampunan itu Maria Magdalena merasa dikasihi oleh Yesus, hingga akhirnya ia menjadi saksi kebangkitan Yesus yang pertama kali. Maria Magdalena dikenal sebagai perempuan berdosa. Akan tetapi, setelah mengenal Yesus lalu bertobat. Yesus menyatakan diri-Nya dan kasih-Nya khusus kepada mereka yang “paling hina”.

Maria Magdalena yang berapi-api bersaksi dan berkotbah tentang Kristus yang bangkit, demikian juga dalam injil Maria Magdalena telah membuktikan tentang kubur yang kosong dan bahkan ia telah bertemu dengan Yesus. Bersaksi tentang Kristus merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh para pengikut Kristus. Kesaksian tentang Kristus lahir dari pengalaman menjalani hidup bersama Kristus. Kasih, tuntunan, penyertaan, dan anugerah yang dirasakan oleh orang beriman menjadi dasar danisi dari kesaksian yang dinyatakan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *