Yohanes 15:26-16:4a Renungan


Injil Yohanes 15:26-16:4a

Yoh 15:26Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Yoh 15:27Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.”
Yoh 16:1“Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku.
Yoh 16:2Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah.
Yoh 16:3Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku.
Yoh 16:4Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu.” (16-4b) “Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu,

Bahan Renungan

Yesus menjanjikan Roh Penghibur yang adalah Roh kebenaran dari Allah Bapa sendiri. “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku (lih. Yoh 15:26).” Ini berarti bahwa para rasul dan seluruh umat beriman kapanpun dan dimanapun, kita semua tidak akan menghadapi perlawanan itu sendiri, karena Roh Kebenaran akan bersaksi tentang Tuhan Yesus. Segala kesusahan yang akan kita alami diimbangi dengan kehadiran dan karya Roh Kebenaran. Dia akan bersaksi tentang Tuhan Yesus.

Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
sumber: gambar mysticpost.com

Yesus mengajarkan para murid-Nya bahwa dunia pasti akan membenci mereka. Dunia melakukannya karena merasa sedang berbuat hal yang benar bahkan baik di hadapan Allah. Hal tersebut dilakukan dunia karena mereka tidak mengenal Yesus maupun Bapa sebagai Allah sejati. Roh Kudus adalah sumber kita bertumbuh ke arah Kristus dan dengan setia mengiring Dia.

Roh Kebenaran berarti Roh yang bertugas untuk membenarkan atau meneguhkan. Roh Kudus akan membenarkan atau meneguhkan bahwa Yesus adalah saksi karya penyelamatan artinya yang datang ke dunia untuk menyelamatkan dunia seisinya. Roh Kudus, Roh Penghibur inilah yang menjadi sumber kekuatan para muridNya termasuk GerejaNya yang masih berziarah ini. Dengan Roh Kudus, mereka dimampukan untuk bersaksi tentang kebenaran dalam diri Yesus.

Allah menghendaki manusia saling menolong dan menghibur dan memberikan kesaksian hidup tentang pertolongan dan penghiburan Allah melalui PuteraNya, “Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku” (Lih. Yoh 15:26-27).


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

1 Response to Yohanes 15:26-16:4a Renungan

  1. Ping-balik: Yohanes 16:12-15 Renungan - Roh Kudus Kebenaran SejatiKATEKESE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *