Santo Paus Yohanes Paulus II (Karol Jozef Wojtyla)


source: upi.com

Karol Wojtyła ditahbiskan sebagai imam di ‘Hari Para Orang Kudus’ pada 1 November 1946. Dia lalu belajar teologi di Universitas Kepausan Santo Thomas Aquinas dan mendapat Diploma Teologi Suci dan Doktor Teologi Suci. Dia kembali ke Polandia pada musim panas 1948 dengan tugas pertama pastoral di desa Niegowić. Setibanya di sana, tindakan pertama yang dilakukan berlutut dan mencium lantai, yang kemudian menjadi ciri khasnya ketika menjadi Paus. Pada Maret 1949, dia dipindah ke paroki Santo Florian di Kraków. Di sana mengajar ilmu etika di Universitas Jagiellonian, kemudian di Universitas Katolik Lublin, yang sekarang diberi nama Universitas Katolik Yohanes Paulus II.

Tahun 1954 dia memperoleh doktorat kedua dalam bidang filsafat. Pada 4 Juli 1958, Bapa Paus Pius XII mengangkatnya menjadi Uskup Pembantu di Kraków. Waktu itu usia Yohanes baru 38 tahun dan menjadi uskup termuda di Polandia. Uskup Baziak wafat pada Juni 1962. Pada 16 Juli 1962, Karol Wojtyła terpilih sebagai Vicar Capitular atau administrator sementara keuskupan sampai uskup agung baru terpilih. Agustus 1978 Paus Paulus VI wafat. Karol Wojtyła yang saat itu sudah diangkat menjadi Kardinal ikut menghadiri ‘Konklaf Paus’ yang akhirnya memilih Kardinal Albino Luciani dari Venesia sebagai Paus Yohanes Paulus I. Sayangnya, pada 28 September 1978, 33 hari setelah menjabat, Paus Yohanes Paulus I wafat.

Kardinal Wojtyła kembali ke Vatikan menghadiri ‘Konklaf Kedua’ yang diadakan tanggal 14 Oktober, sepuluh hari setelah pemakaman Paus Yohanes Paulus I. Kardinal Wojtyła terpilih menjadi paus. Dia lalu memilih nama Yohanes Paulus II untuk menghormati pendahulunya dan menerima pemilihannya dengan berkata: “Dengan ketaatan dalam iman Kristus, Tuhanku, dan dengan kepercayaan pada Bunda Kristus dan Gereja, meskipun dalam kesulitan yang besar, saya menerima.” Kardinal Wojtyła menjadi Paus ke-264 dan Paus bukan orang Italia pertama sejak 455 tahun.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *