Matius 4:12-17, 23-25 Renungan


Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat” (Lih. Mat 4:17). Hal ini disampaikan oleh Yesus karena masyarakat di Galilea khususnya di Kapernaum seperti dikisahkan adalah bangsa yang masih tinggal di dalam kegelapan. Kehadiran Yesus Sang Terang akan menyinari hati mereka yang masih tinggal di dalam kegelapan. Selain mewartakan Injil Kerajaan Allah, Yesus juga menyembuhkan semua sakit penyakit, sehingga pewartaan Yesus tersiar ke mana-mana. Karya Yesus di Galilea dapat dipastikan melayani orang-orang dari seluruh penjuru. Hal ini tentu bukan tanpa alasan sama sekali. Karena Yesus akan mengarah ke Yerusalem sebagaimana yang telah dinubuatkan sebelumnya.

gambar: beritanarwastu.com
gambar: beritanarwastu.com

Kebaikan tidak dapat dikalahkan oleh kejahatan dan kebaikan hati Yesus telah melenyapkan segala penyakit dan kelemahan manusia. Oleh karena itu Yesus berseru: “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Mat lih. 4:17). Karena hanya dalam pertobatan, manusia tetap dalam kasih dan karunia Allah. Bertobat berarti merubah fokus hidup, dari berfokus pada diri sendiri beralih jadi penyerahan total pada penguasaan Kristus. Berita ini tak pernah usang, kecuali bagi mereka yang hanya mau memuaskan telinga.

Yesus memberi tedaladan bagaimana mengikuti segala perintah Bapa dalam setiap hidup-Nya. Demikian pun dengan kita anak-anakNya yang juga senantiasa berusaha memampukan diri untuk mentaati perintah Allah dan juga menjauhi laranganNya. Oleh karena itu kita seharusnya mohon pertolongan kepada Yesus, Tuhan kita, untuk selalu dicurahkan Roh-Nya yang kudus, agar tidak disesatkan oleh roh yang menyesatkan, tetapi dipimpin oleh Roh Kebenaran, karena Roh Kebenaran itu berasal dari Roh Allah sendiri.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *