Matius 13:16-17 Renungan


Kerajaan Allah dalam pandangan para Nabi. Di dalam paham ini intinya mengatakan bahwa Bangsa Israel akan terbebas dari penjajah apabila bangsa Israel menuruti dan melakukan hukum taurat. Allah sekarang sudah meraja secara hukum, sedangkan di akhir zaman Allah menyatakan kekuasaan-Nya sebagai Raja semesta alam dengan menghakimi dan menyatakan kepada sekalian bangsa. Bangsa Israel yang dikuasai oleh orang-orang kafir merupakan akibat dari dosa-dosanya. Jika bangsa Israel melakukan hukum Taurat, maka penjajah akan dipatahkan. Karena itu, mereka yang sekarang taat pada hukum Taurat sudah menjadi warga Kerajaan Allah. Tetapi, jika tidak melakukan hukum Taurat, maka bangsa Israel akan terus dijajah dan diperintah oleh kaum kafir.

Yesus mengajar berdoa
ilustrasi 

Bila kita lihat secara lengkap pada perikop ini (Mat 13:1-58) terdapat perumpamaan-perumpamaan mengenai Kerajaan Sorga, yang mengisahkan akibat pemberitaan Injil dan kondisi rohani yang akan ada di bumi ini di kalangan anggota Kerajaan Sorga yang kelihatan hingga akhir zaman.

Pada perumpamaan tentang penabur, Yesus menyatakan bahwa orang banyak yang mendengarnya “sekalipun melihat, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mendengar dan tidak mengerti” Kalimat tersebut ditujukan kepada mereka yang telah dipakai oleh Allah untuk mendatangkan keselamatan umat manusia di muka bumi. Orang-orang yang mau bekerja sama dengan rencana Allah pantas disebut ‘berbahagia’ karena telah diizinkan melihat dan mendengar bagaimana firman Allah benar-benar terlaksana dalam sejarah melalui diri mereka.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *