Matius 12:38-42 Renungan


Injil Matius 12:38-42

Mat 12:38Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.”
Mat 12:39Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
Mat 12:40Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.
Mat 12:41Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!
Mat 12:42Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama angkatan ini dan ia akan menghukumnya juga. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo!”

Bahan Renungan

Hanya Tanda Dari Nabi Yunus

Matius mencatat permasalahan yang dirasakan orang-orang Farisi karena mereka masih ingin Tuhan Yesus memperlihatkan lebih lagi suatu tanda bagi mereka. Orang – orang Farisi dan para ahli Taurat minta tanda dari Yesus. Mereka akan menjadi murid Tuhan Yesus, asalkan Tuhan Yesus memberikan tanda lagi bagi mereka. Tanda yang dimaksud adalah bukti yang meyakinkan sehingga yang meminta bisa percaya. Orang-orang Farisi menginginkan Yesus melakukan perbuatan-perbuatan besar yang mengagumkan sehingga mereka bisa percaya padanya.

Yesus sesungguhnya sudah pernah membuat tanda-tanda besar (mukjizat), tetapi orang-orang itu tidak percaya pada-Nya. Mereka melakukan itu hanya untuk mencobai Yesus. Yesus pun mengatakan bahwa orang-orang Farisi tersebut sebagai angkatan yang jahat dan tidak setia. Dan Yesus pun menjelaskan dengan malakukan perbandingan dengan orang-orang Ninive yang juga jahat, namun akhirnya bertobat setelah mendengarkan nasihat Nabi Yunus. Yunus menjadi alat menyatakan peringatan Tuhan bagi kota besar dari Asyur yaitu kota Niniwe setelah dia keluar dari perut ikan besar yang menelan dia.

Yesus menjelaskan bahwa tanda nabi Yunus adalah bahwa Anak Manusia akan tinggal di perut bumi tiga hari tiga malam. Tanda Yunus adalah tanda penghakiman oleh Tuhan Yesus Kristus yang menuntut respons pertobatan umat manusia dengan segera tanpa perlu melihat terlebih dahulu suatu tanda. Yesus akan tiga hari ditelan oleh kematian, tetapi setelah itu Dia akan bangkit dan akan menjadi hakim atas seluruh umat manusia.

Orang Niniwe menyangkal diri dan bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus. Mereka bertobat karena mendengarkan dengan patuh Firman Tuhan yang disampaikan melalui nabi Yunus, mereka tidak bertobat karena mujizat. Nabi Yunus hanya menggunakan kata-kata dan tidak melakukan mukjizat apa-apa. Kehadirannya merupakan satu-satunya tanda dari Tuhan bagi orang-orang Niniwe.

Yesus menegaskan bahwa Ia tidak akan diberikan tanda apa-apa kepada ahli Taurat, orang Farisi, dan orang banyak yang ada di situ. Karena Yesus adalah tanda dari Allah.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *