Markus 8:11-13 Renungan


Injil Markus 8:11-13

Mrk 8:11Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga.
Mrk 8:12Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: “Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda.”
Mrk 8:13Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

Bahan Renungan

Motivasi orang Farisi dalam meminta tanda tidaklah murni. Orang-orang farisi selalu mempermasalahkan segala sesuatu yang dilakukan oleh Yesus. Padahal Yesus sudah banyak memberikan tanda kebaikan dan keselamatan Tuhan pada semua orang. Pencobaan yang diberikan orang-orang Farisi pada Yesus adalah meminta tanda. Rupanya mereka tidak puas dengan mukjizat yang dilakukan Yesus. Memberi makan 5.000, 4.000 orang, menenangkan angin sakal, dan menyembuhkan anak kesurupan tidak dihayati sebagai tanda Ilahi.

Yesus mengeluh dan berkata dalam hatinya, “Mengapa angkatan ini meminta tanda?” Sekalipun Yesus mampu membuat tanda, mereka tetap tidak percaya. Mereka nampak seperti orang buta. mungkin dalam hal ini adalah buta rohani. Kebutaan rohani terjadi karena kesombongan diri.

“mengapa Tuhan tidak pernah mengabulkan permohonanku?” adalah salah satu tanda kebutaan rohani. Sudah banyak tanda dan mukjizat yang telah dibuat Yesus bagi kita, tetapi kita masih belum bisa menyadari dan belum mau membuka mata untuk itu. Perubahan hidup seseorang dari tidak baik menuju baik membutuhkan proses dan tidak bisa sekali jadi. Kita biasanya mau yang serba instan, tidak mau berproses.


Tulisan ini dipublikasikan di Renungan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *