Makna Prosesi, Adorasi, dan Visitasi Sakramen Mahakudus


Tujuan prosesi atau perarakan Sakramen Mahakudus ialah, untuk mengungkapkan kesaksian iman dan hormat bakti kepada Sakramen Mahakudus, yaitu Tuhan Yesus Kristus yang hadir dalam Ekaristi. Di beberapa gereja, misalnya Gereja Hati Kudus Ganjuran (KAS), pada Hari Raya Hati Kudus Yesus, mengadakan misa syukur dan juga ada perayaan Prosesi Sakramen Mahakudus.

Adorasi Ekaristi adalah: menjunjung dan meluangkan waktu bersama Yesus dalam Sakramen Mahakudus. Adalah suatu ungkapan kasih kepada Yesus, yang begitu mengasihi kita, hingga Ia tiada pernah hendak meninggalkan kita, dan senantiasa bersama kita siang dan malam dalam Sakramen Mahakudus. Dalam Matius 28:20, diungkapkan, “Ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa, Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu”.
Makna Adorasi itu sendiri, orang yang menyediakan waktu beradorasi kepada Yesus, dalam Sakramen Mahakudus, mengembangkan relasi pribadi dengan Yesus dan bertumbuh di dalam kasih dan kekudusan. Saat hening bersama Tuhan dalam Ekaristi memampukan orang lain mendengarkan dan mengenal seperti DIA berbicara kepada hati. Visitasi Sakramen Mahakudus: dimana dengan menyerahkan dirinya kepada Tuhan yang kini hadir dalam Ekaristi Kudus di hadapan-Nya. Orang menyembah-Nya, sebagai penyelamat. Dia hadir sebagai Allah dan manusia dalam jiwa dan badan, dalam daging dan darah yang sungguh-sungguh orang percaya dan meyakini, di hadapdn kemanusiaan yang Mahakudus.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *